rarangselatan.desa.id - Dalam Rangka memberikan kemudahan dalam pelayanan surat menyurat terutama dimasa pandemi Covid-19, maka Pemerintah Desa Rarang Selatan menerapkan pelayanan Online menggunakan Sistem Informasi Desa (OpenSID) yang dinamakan Layanan Mandiri. Layanan Mandiri diakses secara online melalui link https://www.rarangselatan.desa.id/layanan-mandiri.
Sedikit kami jelaskan tentang NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan PIN atau singkatan dari personal identification number
- NIK atau Nomor Induk Kependudukan adalah nomor identitas Penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia. NIK terdiri dari 16 digit dimana akan berlaku seumur hidup dan selamanya, yang diberikan oleh Pemerintah dan diterbitkan oleh Instansi Pelaksana kepada setiap Penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Tentunya jika anda sudah terdaftar sebagai warga penduduk Desa Rarang Selatan NIK ini bukan menjadi hal yang asing lagi.
- PIN atau singkatan dari personal identification number atau juga bisa dikatakan sebagai sandi adalah sebuah nomor unik dan bersifat pribadi yang digunakan untuk masuk/login pada laman tertentu sesuai dengan peruntukannya. PIN pada Sistem Informasi Desa (OpenSID) sendiri digunakan sebagai nomor unik untuk menampilkan data warga penduduk secara individu dan bersifat pribadi. Lalu bagaimana cara mendapatkan PIN tersebut ?. Untuk mendapatkan PIN ini terutama yang perlu dilakukan adalah datang ke Kantor Desa Rarang Selatan, atau hubungi Operator Desa yang menangani Sistem Informasi Desa Rarang Selatan dengan menunjukkan KTP atau Kartu Keluarga yang terdaftar dalam database aplikasi OpenSID, dan yang bisa mendaftarkan diri hanya warga masyarakat Desa Rarang Selatan.
Setelah memperoleh PIN, yang perlu dilakukan adalah masukkan NIK dan PIN anda pada menu Layanan Mandiri yang sudah tersedia di Website Desa Rarang Selatan. Jika sudah, klik tombol Masuk. Maka akan tampil profil pemilik NIK tersebut (anda). Selain menu profil, dimana kita bisa juga mencetak KK kita sendiri sebagai salinan. Dengan membaca profil anda sendiri tentu anda dapat lansung mengecek tentang data pribadi anda apakah sudah sesuai dengan identitas yang ada pada dokumen dokumen lain atau belum. Jika ternyata ada kesalahan data, anda bisa langsung datang ke Kantor Desa Rarang Selatan untuk pembetulan data.
Manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat melalui Layanan Mandiri sebagai berikut :
- Cetak Biodata
- Cetak Salinan KK sesuai format yang tersedia didalam Aplikasi
- Cetak KK yang diterbitkan oleh Disdukcapil yang sudah menggunakan Barcode (TTE)
- Permohonan Surat Secara Online
- Chat dengan Admin Desa
- Cek Bantuan
- dan lain-lain.
Dengan adanya Layanan Mandiri diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dan mengakses informasi-informasi yang disajikan oleh pemerintah desa melalui website Resmi Pemerintah Desa Rarang Selatan melalui link https://www.rarangselatan.desa.id.
Tampilan Layanan Mandiri setelah berhasil Login