Persoalan tagihan listrik PLN ramai di media sosial. Para pelanggan pascabayar yang merasa kenaikan tagihannya terlalu tinggi. PLN pun buka suara.
Kenaikan tagihan listrik April dan Mei bukan karena ada kenaikan tarif listrik. Kebijakan pemerintah yang meminta masyarakat berdiam diri di rumah membuat konsumsi listrik rumah tangga meningkat.
Selain itu, ada selisih dari pemakaian di bulan Maret yang dimasukkan PLN pada tagihan untuk pemakaian listrik April. PLN pun membuka layanan pengaduan selama 24 jam melalui nomor telepon 123 yang didahului oleh kode daerah masing-masing.
"Kami buka layanan 24 jam, kita punya channel 123. Jadi silakan kalau ada pelanggan kami yang masuk keluhkan rekeningnya, bisa hubungi 021 123 (kode untuk Jakarta). Kita akan segera respons," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, dalam konferensi pers daring, Rabu (6/5).
Selain itu, riwayat pemakaian listrik juga dapat dilihat melalui Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh dari ponsel dan website www.pln.co.id. Pihaknya juga berjanji aduan masyarakat akan selesai maksimal satu hari.
"Saya sudah bilang ke teman-teman manager bahwa keluhan itu maksimum satu hari sudah harus diselesaikan. Misalnya pagi ngadu rekening tidak sesuai, bisa langsung hubungi kita. Kita langsung selesaikan," ujar dia.
Dear Pelanggan PLN, Berikut Info untuk Pengaduan dan Cek Tagihan Listrik
11
15
kumparanBISNIS
Konten Redaksi kumparan
Persoalan tagihan listrik PLN ramai di media sosial. Para pelanggan pascabayar yang merasa kenaikan tagihannya terlalu tinggi. PLN pun buka suara.
ADVERTISEMENT
Kenaikan tagihan listrik April dan Mei bukan karena ada kenaikan tarif listrik. Kebijakan pemerintah yang meminta masyarakat berdiam diri di rumah membuat konsumsi listrik rumah tangga meningkat.
Selain itu, ada selisih dari pemakaian di bulan Maret yang dimasukkan PLN pada tagihan untuk pemakaian listrik April. PLN pun membuka layanan pengaduan selama 24 jam melalui nomor telepon 123 yang didahului oleh kode daerah masing-masing.
"Kami buka layanan 24 jam, kita punya channel 123. Jadi silakan kalau ada pelanggan kami yang masuk keluhkan rekeningnya, bisa hubungi 021 123 (kode untuk Jakarta). Kita akan segera respons," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, dalam konferensi pers daring, Rabu (6/5).
Selain itu, riwayat pemakaian listrik juga dapat dilihat melalui Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh dari ponsel dan website www.pln.co.id. Pihaknya juga berjanji aduan masyarakat akan selesai maksimal satu hari.
ADVERTISEMENT
"Saya sudah bilang ke teman-teman manager bahwa keluhan itu maksimum satu hari sudah harus diselesaikan. Misalnya pagi ngadu rekening tidak sesuai, bisa langsung hubungi kita. Kita langsung selesaikan," ujar dia.
Kata dia, tim PLN juga bakal mendatangi rumah pelanggan jika tak merasa puas dengan tagihan yang diberikan. Mereka akan menjelaskan ke pelanggan penyebab tagihan listrik naik karena pemakaiannya juga melonjak.
Ikhsan mengaku sudah ada 2.900 pengaduan yang masuk ke unitnya. Dari ribuan aduan itu, sebanyak 2.200 sudah diselesaikan. Kata dia, sebanyak 94 persen aduan yang masuk, ternyata tagihan dan pemakaian listriknya sama. Itu artinya, tak ada kesalahan alias sesuai pemakaian.
"Sisanya, ada 6 persen aduan harus dikoreksi misalnya ada orang datang rumahnya kekunci, ternyata kosong tapi bayar Rp 1 juta, karena memang tagihan (hitungannya) diambil rata-rata tiga bulan. Ini akan kami selesaikan semua berkomunikasi dengan pelanggan," kata Ikhsan.