Desa Rarang Selatan

Kec. Terara, Kab. Lombok Timur
Prov. Nusa Tenggara Barat

Loading

DESA CERDAS

Perayaan

Hari Guru

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik

PEMILU SERENTAK 2024

Pemilihan Gubernur NTB & Pemilihan Bupati Lombok Timur

Rabu, 27 November 2024

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Rarang Selatan Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Kode Pos 83663 - Proses Permohonan Adminduk setelah menggunakan SIAK TERPUSAT agak lama sehingga bagi warga masyarakat jika mau mengurus dokumen adminduk, silahkan diurus sebelum dokumen adminduk tersebut digunakan. Terima Kasih !!!.

Berita Desa

Pada Artikel kali ini kami ingin berbagi iinformasi tentang Penerapan Sistem Informasi Desa (OpenSID) di Desa Rarang Selatan.

a. Awal mula SID di Desa Rarang Selatan

 Sistem Informasi Desa (SID) mulai dikenal dan dikembangkan  di Desa Rarang Selatan, bermula dari  perkenalan kami  dengan DC KOMPAK Lombok Timur, Ibunda Nanik Munthohiyah, pada Bulan Mei, 2016. Dalam kunjungan pertama kali ke Desa Rarang Selatan kami ngobrol panjang lebar  tentang desa dan tuntutan regulasi yang ada, terutama yang terkait dengan data desa dan kewajiban Pemerintah Desa dalam memberikan Informasi yang dibutuhkan warga. Pada Tahun 2016 Desa Rarang Selatan termasuk salah satu desa dengan kategori Desa Tertinggal ynag dimana Desa Rarang Selatan masih serba kekurangan baik dari segi pelayanan maupun ketersediaan data didesa. Pada waktu yang bersamaan  Bunda Nanik  menceritakan keberhasilan sebuah desa di Jawa Tengah  dalam memberikan  layanan cepat  kepada warganya dengan menggunakan basis  data yang ada di Sistem Administrasi dan Informasi Desa (SAID).

 Dari cerita tersebut kami (saya dan kepala Desa saat itu)   sudah mulai tertarik  untuk ingin mengembangkannya. Sehingga ketika ada pertanyaan “Maukah Desa Rarang Selatan Menerapkan dan Mengembangkan Sistem Informasi Desa ?”. Dengan tanpa berpikir panjang Bapak Kepala Desa Rarang Selatan pada waktu itu Bapak SUANDI mengatakan “mau”. 

Sepulang dari kantor desa dengan rasa penasaran tentang Sistem Informasi Desa yang ditawarkan maka kami mencoba mencari informasi melalui jaringan internet di Google dan di Youtube tentang Sistem Informasi Desa tersebut.

Pada waktu itu banyak sekali aplikasi yang disuguguhkan di Google dan di Youtube seperti : DESAKU, MITRA DESA, SIAP DESA, ADMINDES_PRO, DESA ONLINE, SIDEKA, SAID/K, SID dan banyak lagi aplikasi yang lain. Satu demi satu kami pelajari dan kami akhirnya mendapatkan aplikasi SID yang didalamnya terdapat berbagai menu yang menurut kami sangat pas sekali dengan yang dibutuhkan oleh desa, terutama pada Data Penduduk, Pelayanan Surat Menyurat, Analisis Kemiskinan dan banyak lagi yang lainnya. 

 Adapun Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) dibangun dan dikembangkan oleh COMBINE Resource Institution sejak tahun 2009. Sistem ini dikelola dengan merujuk pada lisensi GNU GENERAL PUBLIC LICENSE Version 3.     

Berselang beberapa bulan kemudian tepatnya Pada tanggal  3 Agustus 2016  KOMPAK memfasilitasi Lokakarya Penyusunan Rencana Penguatan Sistem Informasi Desa (SID ).  Di Kecamatan Terara dan di Kecamatan Aikmel.  Dalam kesempatan tersebut, dihadirkan semua Kepala Desa Mitra  dan seorang calon Operator Desa, bertempat di Aula Kantor Camat Terara. Selain itu dihadirkan pula pihak Kabupaten terdiri dari  DPMD Kabupaten Lombok Timur, Kepala Dinas DUKCAPIL Kabupaten Lombok Timur, BAPPEDA Kabupaten Lombok Timur. Camat Terara,  dan KOMPAK (Propinsi dan Kabupaten).

Lokakarya tersebut menghasilkan kesepatan  tahapan kegiatan  sekaligus  pembagian peran tanggung jawab  semua pihak (Desa, Kecamatan, Kabupaten dan KOMPAK) untuk  pengembangan SID di semua Desa Mitra KOMPAK. Setelah Lokakarya, masing-masing menindaklanjuti seduai dengan kesepakatan.

Pada Tanggal 20 s/d 23 September 2016 Kompak menindaklanjuti kesepakatan dengan memfasilitasi Pelatihan Dasar Untuk Operator Sistem Informasi Desa di Hotel Lombok Raya. Pada saat itu diikuti 3 Kabupaten di Provinsi NTB yaitu Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa. Sepulang Pelatihan Dasar tersebut, Operator Desa, terus mengembangkan dan meng-update data desa masing-masing.

Setelah selesai Pelatihan, Pada tanggal 15 Oktober 2016 Sistem Informasi Desa (SID) di Desa Rarang Selatan resmi digunakan dalam mempercepat Pelayanan Kepada Masyarakat dan hasilnya pun sangat memuaskan.

Pada Tanggal 21 Maret 2017 Kompak Mengadakan MINI LOKAKARYA REVIEW REALISASI SISTEM INFORMASI DESA (SID) di Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur dalam rangka menindaklanjuti sejauh mana penerapan SID di 5 Desa Binaan Kompak. Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk mengetahui sejauh mana pogres yang sudah di capai oleh 5 Desa binaan kompak terutama masalah data  dan pemanfaatan data yang telah tersedia. “Sistem Informasi Desa (SID)” merupakan aplikasi yang akan di terapkan di semua desa selombok timur karena manfaatnya yang besar sekali.

Pada Hari Sabtu, 6 Mei 2017 Forum SID Lombok Timur Bekerjasama dengan Universitas Mataram mengadakan Pelatihan Peliputan dan Penulisan Berita Bagi Pengelola SID di Kecamatan Terara dan Kecamatan Aikmel yang lokasinya di Aula Kantor Desa Lenek.

Harapan yang inigin dicapai dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut supaya Pengetahuan tentang peliputan dan Penulisan Berita bagi Operator SID agar SID bisa dimanfaatkan sebagai media publikasi semua kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk mewujudkan transapansi dan akuntabilitas.

Pada tanggal 22 s/d 24 Mei 2017 Kompak mengadakan Pelatihan Lanjutan Operator Sistem Informasi Desa di Hotel Aruna Senggigi. Dengan dilaksanakannya Pelatihan lanjutan tersebut diharapkan pemerintah desa bisa segera mungkin menuju DESA ONLINE.

Kepala DPMD Provinsi NTB sangat menyambut dengan baik dengan adanya Sistem Informasi Desa yang akan membantu pemerintah desa dalam pelayanan dan pengelolaan data di desa.

Pada Tanggal 6 Agustus 2017 Forum SID Lombok Timur Bekerjasama dengan Universitas Mataram mengadakan Pelatihan Lanjutan dalam rangka menceritakan pengalaman operator dalam menerapkan SID dan juga Replikasi SID ke Desa Desa Tetangga.

Selain berbagai jenis kegiatan peningkatan kapasitas baik yang berupa  pelatihan, lokakarya,  pertemuan rutin forum SID Lombok Timur serta  komunikasi dan sharing pembelajaran antar Operator Desa terus  intensif dilakukan.  Dibawah koordinasi dan motivasi Distric Coordinator KOMPAK Lombok Timur, sharing pembelajaran bukan hanya melalui wa dan grup, tapi telah dikembangkan Zona belajar di 6 titik. Dengan mengoptimalkan Opertaor Desa Mitra Kompak sebagai fasilitator/tutor. Dimasing-masing zona tersebut, memiliki anggota belajar bagi desa yang lokasinta berdekatan. Dalam kesempatan lain biasanya mereka melakukan cross belajar.

Melihat  kemudahan pelayanan kepada masyarakat, semangat dan perkembangan yang luar biasa, maka pada bulan  Nopember 2017, Pemda Lombok Timur, melalui Kepala Dinas PMD berkomitmen untuk mereplikasi pengembangan SID di semua Desa di Lotim. Komitmen tersebut dapat dilihat  Peningkatak kapasitas yang dilakukan oleh PMD terhadap Operator Desa dan berbagai, salah satunya adalah  Pengelolaan Keuangan Desa, yang memasukkan pengembangan SID kedalam  salah satu itemnya. Selain itu SID juga telah dimasukkan sebagai salah satu kriteria penilaian Lomba Desa.

b. Manfaat Sistem Informasi Desa (OpenSID) 

  1. Bank Data ==>Dengan menggunakan OpenSID, kantor desa dapat menyediakan semua jenis data yang diperlukan setiap waktu, contoh data kemiskinan, data rencana pembangunan, foto kegiatan pembangunan dan banyak lagi data lainnya yang bisa dimasukkan kedalam SID.
  2. Pusat Data Tervalidasi ==>Dengan OpenSID, desa memiliki data terupdate dan tervalidasi misalkan, Data Penduduk yang terupdate setiap hari ketika masyarakat datang kekantor desa untuk mendapatkan pelayanan.
  3. Kantor desa lebih efisien ==>Misalnya, dengan memakai OpenSID, kantor desa dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.
  4. Kantor desa lebih efektif ==> Sebagai contoh, karena SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran. Ini berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.
  5. Pemerintah desa lebih transparan ==>Dengan SID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. Misalnya, kantor desa dapat memakai SID untuk mengelola informasi perencanaan pengembangan desa dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web desa, papan pengumuman dsbnya.
  6. Pemerintah desa lebih akuntabel ==>Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga, pemerintah desa akan dituntut untuk lebih akuntabel. Kantor desa akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana desa dsbnya.
  7. Layanan publik lebih baik ==> Seperti disebut di atas, dengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor desa adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik. Contoh sederhana yang diberikan di atas, warga akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.
  8. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa ==> Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa. Karena tahu data itu ada, warga juga mempunyai kesempatan untuk menuntut kantor desa untuk menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan.
  9. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa ==>Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.

Untuk Lebih jelasnya silahkan tonton Video dibawah ini :

 

Mari kita jadikan SID Kebutuhan Desa

Mari kita jadikan SID Bank Data di Desa 

Akhir dari Cerita ini adalah KUNCI KESUKSESAN adalah Kemauan, Ketekunan, dan Dukungan dari Kepala Desa dan Perangkat Desa lainya .

SELAMAT BERKARYA

(red. Muhammad, S.Pd.)

Kiriman Komentar

Beri Komentar

Desa

1.773

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI1.773penduduk

1.776

PEREMPUAN

PEREMPUAN1.776penduduk

3.549

TOTAL

TOTAL3.549penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Desa

Kepala Desa

HERMAN JAYADI, S.Pd

Sekretaris Desa

MASNIADI, S.H

Kepala Seksi Pemerintahan

MUHAMMAD, S.Pd

Kepala Seksi Kesejahteraan

SAPTIAWAN

Kepala Seksi Pelayanan

MUNGGAH, S.H

Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum

MURNIATI

Kepala Urusan Perencanaan

SUANDI

Kepala Urusan Keuangan

SAPTA WIJAYA, S.Pd

Kepala Wilayah Kandang

SENIRAH

Kepala Wilayah Seganteng

RUSMAN, S.Pd

Kepala Wilayah Jeruk

NASRUDIN

Kepala WIlayah Gunung Nangka

SYAFRUDIN

Kepala Wilayah Dasan Bagik

SAHMAN

Kepala Wilayah Kamput

JUNAIDI

Staf Kepala Seksi Kesejahteraan

NURAINI, S.Ud

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

1

Orang

Masuk

1

Orang

Pindah

1

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

1

Orang

Kematian

1

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

1

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

18

Surat

Kemarin

8

Surat

Minggu Ini

54

Surat

Bulan Ini

128

Surat

Bulan Lalu

34

Surat

Tahun Ini

1,143

Surat

Tahun Lalu

1,586

Surat

Total

10,235

Surat

Peta 3D
Agenda

Terdahulu

MUSDES RKPDes 2018

Tgl : 28 Agustus 2017 07:00:00
Tempat : Kantor Desa
Koordinator : Tim Penyusun RKPDes

Terdahulu

Pengobatan Gratis Massal

Tgl : 14 September 2017 07:00:00
Tempat : Kantor Desa
Koordinator : Kasi. Kesra

Terdahulu

Rapat Koordinasi SID

Tgl : 09 September 2017 07:30:00
Tempat : Rupatama II Lt. 4 Kantor Bupati Lombok Timur
Koordinator : Operator SID/ Kaur. Pemerintahan

Terdahulu

Undangan Seminar

Tgl : 23 September 2017 07:30:00
Tempat : Gedung Graha Bakti Praja
Koordinator : Kepala Desa & Bendahara

Terdahulu

Undangan Rapat

Tgl : 09 September 2017 08:00:00
Tempat : Aula Rapat Kantor Camat Terara
Koordinator : Sekretaris Tim Penyusun RKPDesa

Terdahulu

Rapat Koordinasi Lengkap

Tgl : 11 September 2017 07:30:00
Tempat : Ruang Rapat Kantor Camat Terara
Koordinator : Kepala Desa

Terdahulu

Pelatihan Penguatan Kapasitas Petugas Registrasi Adminduk

Tgl : 22 Februari 2018 08:00:00
Tempat : Ruang Rapat Utama II Kantor Bupati Lombok Timur ( Lantai 4 )
Koordinator : PPKD

Terdahulu

Undangan Whorksop

Tgl : 29 Agustus 2018 00:30:00
Tempat : Lesehan Carpio Aikmel Lombok Timur
Koordinator : Kepala Urusan Kesejahteraan

Terdahulu

Sangkep Desa

Tgl : 03 September 2018 00:30:00
Tempat : Aula Kantor Desa Suradadi
Koordinator : Muhammad, S.Pd.

Terdahulu

Perekaman E-KTP

Tgl : 13 Maret 2019 01:00:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Muhammad, S.Pd.

Terdahulu

Sosialisasi Perbub No 17 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Aset Desa

Tgl : 02 Desember 2019 00:00:00
Tempat : Aula Kantor Bappeda Kab. Lotim (Kantor Bupati, Lantai III)
Koordinator : Kepala Desa

Terdahulu

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Perangkat Desa (Kepala Wilayah Seganteng dan Kepala Wilaya

Tgl : 08 Januari 2020 00:30:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Sekretaris Desa

Terdahulu

Undangan

Tgl : 16 Januari 2020 00:30:00
Tempat : Aula Kantor Desa Suradadi
Koordinator : LPA

Terdahulu

Rapat Evaluasi dan Koordinasi PPKD dan POKJA ADMINDUK

Tgl : 22 Januari 2020 00:30:00
Tempat : Aula Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Pemerintahan

Terdahulu

Rapat Evaluasi dan Koordinasi Kader Posyandu

Tgl : 25 Januari 2020 00:30:00
Tempat : Aula Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Pemerintahan

Terdahulu

Rapat Pembentukan Petugas Pendataan BLT Desa

Tgl : 23 April 2020 01:00:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Tim Relawan Covid-19

Terdahulu

Pembagian Paket Sembako JPS Gemilang Tahap II

Tgl : 05 Juni 2020 05:00:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Kesra

Terdahulu

Pembagian BST Tahap 9

Tgl : 30 November 2020 07:00:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Kesra

Terdahulu

Pameran Inovasi Daerah Provinsi NTB

Tgl : 17 September 2021 05:59:15
Tempat : Halaman Kantor Bappeda Provinisi
Koordinator : Kasi. Pemerintahan

Terdahulu

Pembagian BLT-DD Bulan April-Juni 2022

Tgl : 07 Juli 2022 08:00:00
Tempat : Aula Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Kesejahteraan

Terdahulu

Penyaluran BLT-BBM Termin III Tahun 2022

Tgl : 23 September 2022 08:00:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Kesra

Terdahulu

Musrenbangdesa RKPdesa 2023

Tgl : 26 September 2022 07:30:00
Tempat : Aula Kantor Desa
Koordinator : KETUA TIM PENYUSUN RKPDESA
Statistik Pengunjung
Hari ini : 2.053
Kemarin : 5.198
Total Pengunjung : 5.311.237
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 172.71.255.59
Browser : Mozilla 5.0
Peta 3D
Agenda

Terdahulu

MUSDES RKPDes 2018

Tgl : 28 Agustus 2017 07:00:00
Tempat : Kantor Desa
Koordinator : Tim Penyusun RKPDes

Terdahulu

Pengobatan Gratis Massal

Tgl : 14 September 2017 07:00:00
Tempat : Kantor Desa
Koordinator : Kasi. Kesra

Terdahulu

Rapat Koordinasi SID

Tgl : 09 September 2017 07:30:00
Tempat : Rupatama II Lt. 4 Kantor Bupati Lombok Timur
Koordinator : Operator SID/ Kaur. Pemerintahan

Terdahulu

Undangan Seminar

Tgl : 23 September 2017 07:30:00
Tempat : Gedung Graha Bakti Praja
Koordinator : Kepala Desa & Bendahara

Terdahulu

Undangan Rapat

Tgl : 09 September 2017 08:00:00
Tempat : Aula Rapat Kantor Camat Terara
Koordinator : Sekretaris Tim Penyusun RKPDesa

Terdahulu

Rapat Koordinasi Lengkap

Tgl : 11 September 2017 07:30:00
Tempat : Ruang Rapat Kantor Camat Terara
Koordinator : Kepala Desa

Terdahulu

Pelatihan Penguatan Kapasitas Petugas Registrasi Adminduk

Tgl : 22 Februari 2018 08:00:00
Tempat : Ruang Rapat Utama II Kantor Bupati Lombok Timur ( Lantai 4 )
Koordinator : PPKD

Terdahulu

Undangan Whorksop

Tgl : 29 Agustus 2018 00:30:00
Tempat : Lesehan Carpio Aikmel Lombok Timur
Koordinator : Kepala Urusan Kesejahteraan

Terdahulu

Sangkep Desa

Tgl : 03 September 2018 00:30:00
Tempat : Aula Kantor Desa Suradadi
Koordinator : Muhammad, S.Pd.

Terdahulu

Perekaman E-KTP

Tgl : 13 Maret 2019 01:00:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Muhammad, S.Pd.

Terdahulu

Sosialisasi Perbub No 17 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Aset Desa

Tgl : 02 Desember 2019 00:00:00
Tempat : Aula Kantor Bappeda Kab. Lotim (Kantor Bupati, Lantai III)
Koordinator : Kepala Desa

Terdahulu

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Perangkat Desa (Kepala Wilayah Seganteng dan Kepala Wilaya

Tgl : 08 Januari 2020 00:30:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Sekretaris Desa

Terdahulu

Undangan

Tgl : 16 Januari 2020 00:30:00
Tempat : Aula Kantor Desa Suradadi
Koordinator : LPA

Terdahulu

Rapat Evaluasi dan Koordinasi PPKD dan POKJA ADMINDUK

Tgl : 22 Januari 2020 00:30:00
Tempat : Aula Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Pemerintahan

Terdahulu

Rapat Evaluasi dan Koordinasi Kader Posyandu

Tgl : 25 Januari 2020 00:30:00
Tempat : Aula Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Pemerintahan

Terdahulu

Rapat Pembentukan Petugas Pendataan BLT Desa

Tgl : 23 April 2020 01:00:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Tim Relawan Covid-19

Terdahulu

Pembagian Paket Sembako JPS Gemilang Tahap II

Tgl : 05 Juni 2020 05:00:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Kesra

Terdahulu

Pembagian BST Tahap 9

Tgl : 30 November 2020 07:00:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Kesra

Terdahulu

Pameran Inovasi Daerah Provinsi NTB

Tgl : 17 September 2021 05:59:15
Tempat : Halaman Kantor Bappeda Provinisi
Koordinator : Kasi. Pemerintahan

Terdahulu

Pembagian BLT-DD Bulan April-Juni 2022

Tgl : 07 Juli 2022 08:00:00
Tempat : Aula Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Kesejahteraan

Terdahulu

Penyaluran BLT-BBM Termin III Tahun 2022

Tgl : 23 September 2022 08:00:00
Tempat : Kantor Desa Rarang Selatan
Koordinator : Kasi. Kesra

Terdahulu

Musrenbangdesa RKPdesa 2023

Tgl : 26 September 2022 07:30:00
Tempat : Aula Kantor Desa
Koordinator : KETUA TIM PENYUSUN RKPDESA
Statistik Pengunjung
Hari ini : 2.053
Kemarin : 5.198
Total Pengunjung : 5.311.237
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 172.71.255.59
Browser : Mozilla 5.0

Transparansi Anggaran

APBDesa 2024 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 1.845.655.865,00

0%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 1.845.655.865,00

0%

APBDesa 2024 Pendapatan

Hasil Aset Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 56.250.000,00

0%

Lain-Lain Pendapatan Asli Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 7.000.000,00

0%

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 1.204.289.000,00

0%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 88.259.309,00

0%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 488.857.556,00

0%

Bunga Bank

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 1.000.000,00

0%

APBDesa 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 793.625.865,00

0%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 880.573.980,00

0%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 67.090.000,00

0%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 61.166.020,00

0%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 43.200.000,00

0%
Pemerintah Desa

HERMAN JAYADI, S.Pd

Kepala Desa

MASNIADI, S.H

Sekretaris Desa

MUHAMMAD, S.Pd

Kepala Seksi Pemerintahan

SAPTIAWAN

Kepala Seksi Kesejahteraan

MUNGGAH, S.H

Kepala Seksi Pelayanan

MURNIATI

Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum

SUANDI

Kepala Urusan Perencanaan

SAPTA WIJAYA, S.Pd

Kepala Urusan Keuangan

SENIRAH

Kepala Wilayah Kandang

RUSMAN, S.Pd

Kepala Wilayah Seganteng

NASRUDIN

Kepala Wilayah Jeruk

SYAFRUDIN

Kepala WIlayah Gunung Nangka

SAHMAN

Kepala Wilayah Dasan Bagik

JUNAIDI

Kepala Wilayah Kamput

NURAINI, S.Ud

Staf Kepala Seksi Kesejahteraan