KIM Pade Angen, Kamis, 20/06/2019 - Tim Evaluasi Program Kompak dari Jakarta berkunjung ke Desa Rarang Selatan . salah satu angendanya adalah ingin melihat Sistem Informasi Desa, Dashboard Kecamatan dan Bakso. Disamping itu juga ingin mendengarkan cerita-cerita baik dari para pelaku yang ada di Desa baik dalam hal Penerapan Sistem Informasi Desa, Pelayanan Adminduk melalui Aplikasi Bakso yang dimana kedua aplikasi tersebut sangat membantu sekaligus memberikan kemudahan kepada pemerintah desa dan masyarakat dalam pengurusan Surat Menyurat dan Dokumen Adminduk.
Bpk. MASNI selaku Sekdes dalam sambutannya mengatakan bahwa Desa Rarang Selatan telah melakukan berbagai upaya-upaya sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan juga masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang ada didesa.
Bpk. Kasi Pemerintahan MUHAMMAD, S.Pd. menceritakan tentang asal mula adanya SID di Desa Rarang Selatan, dimana SID mulai ada didesa rarang selatan pada tahun 2016 yang diinisiasi oleh KOMPAK pada waktu itu. dan pada tahun 2017 SID yang ada di Desa Rarang Selatan diresmikan dan sekaligus dionlinekan sehingga pemerintah desa bisa menggunakan pelayanan secara online. Aplikasi SID ini sangat membantu dan mempermudah dalam hal pelayanan surat menyurat yang dimana masyarakat cukup dengan membawa KTP kurang dari 3 menit surat yang diminta sudah bisa diterima oleh masyarakat. dan juga masyarakat tidak perlu ngantri lama-lama di kantor desa.
SID ini juga dijadikan sebagai Bank Data Desa, media promosi potensi desa, media informasi bagi masyarakat terutama tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan di desa.
Disamping itu juga Pemerintah Desa telah membentuk Petugas Pencatatan Kependudukan Desa (PPKD) dan POKJA ADMINDUK yang akan bertugas untuk melakukan pendataan, mengumpulkan berkas permohonan masyarakat baik itu permohonan Cetak KTP-EL, Perbaikan dan perubahan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KIA dan juga sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya dokumen adminduk sehingga masyarakat menjadi tau sekaligus sadar tentang pentingnya dokumen adminduk.
Dalam Kunjungan ini juga dihadirkan dari masyarakat penerima manfaat seperti perwakilan dari penyandang disabilitas saudara RUL yang sudah mendapatkan salah satu dokumen adminduk berupa E-KTP. Rasa syukur yang sangat-sangat dirasakan oleh saudara RUL setelah mendapatkan E-KTP tersebut, dia mendapatkan bantuan berupa tongkat dari dinas sosial berkat dia punya KTP. Dan juga Saudara RUL menceritakan pengalaman-pengalamannya dalam membantu saudara dan kawan-kawan sesama penyandang disabilitas dan pengurusan Kartu Indonesia Sehat. Pengalaman ini sangat menarik sekali, sesama penyandang disabilitas bisa saling membantu.
Dari TIM juga melihat langsung dan mencoba mempraktikkan Aplikasi Sistem Informasi Desa di Ruang Pelayanan, ingin melihat data apasaja yang sudah tersedia di SID, data penduduk by name by address.