Selamat Datang di Website Resmi Desa Rarang Selatan Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Kode Pos 83663 -- selengkapnya... Bagi warga masyarakat desa rarang selatan sesuai dengan jadwal dari Disdukcapil Kabupaten lombok Timur pada hari SELASA, 30 JULI 2019 AKAN DIADAKAN PELAYANAN KELILING TERDIRI DARI PEMBUATAN KARTU KELUARGA BARU, AKTA KELAHIRAN, AKTA KEMATIAN, KIA, PEREKAMAN E-KTP, DAN PEMBUATAN SUKET, sehingga bagi warga yang belum memiliki dokumen adminduk untuk mempersiapkan berkasnya dan bisa langsung diantar kekantor desa sebelum hari pelaksanaaan  

PENGABDIAN MAHASISWA MELALUI KULIAH KERJA PARTISIPATIF (KKP) KELOMPOK 83 UIN MATARAM

Desa Rarang Selatan 06 September 2019 19:17:00 Berita Desa

Kuliah Kerja Partisipasif merupakan kegiatan penerjemahan, penerapan, dan pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat yang ditujukkan untuk menciptakan,membangun dan memelihara perubahan yang menunjang nilai – nilai luhur keadilan, kesetaraan, dan keseimbangan. Dalam KKP, mahasiswa dituntut untuk memberikan layanan kepada masyarakat dengan cara mengaplikasikan pengetahuan dan teknologi yang dipelajari sebelumnya untuk meningkatkan taraf hidup baik dalam bidang pendidikan dan kesahjetraan masyarakat serta dapat menciptakan tatanan sosial yang berkeadilan.

            Secara umum tujuan dari kegiatan KKP ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kemaMpuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan memecahkan masalah social yang dihadapi bersama di tengah masyarakat dalam rangka meningkatkan kesahjetran social, pencerahan, dan pembebasan sesuai dengan visi, misi , dan fungsi Perguruan Tinggi Agama Islam. Pelaksanaan program KKP ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat,, pemerintah dan mahasiswa.

            Pelaksanaan Program KKP di Desa Rarang Selatan adalah pada Kamis, 11 Juli 2019, kegiatan berawal dari melakukan survey sebanyak 4 kali untuk melihat seberapa besar potensi dan kondisi lingkungan,,pendidikan, social dan budaya masarakat di Desa Rarang Selatan, kegiatan survey kami dilakukan dengan cara membentuk sebuah tim yang terbagi menjadi 4 tim sesuai dengan jumlah atau banyak Dusun yang ada di Desa Rarang Selatan untuk melakukan survey ke masing – masing lokasi seperti di Dusun Kandang, Seganteng, Dusun Kamput dan Dusun Dasan Bagik.

            Dari hasil survey yang dilakukan disusun sebuah program yang akan diimplementasikan diantaranya adalah Program “Sedekah Sampah” , program “Sanggar Perjumpaan Anak”, dan Program Sosialisasi yang terkait dengan “Pernikahan Dini”. Pemaparan program dalam bidang social masyarakat yaitu membentuk program “ Sedekah Sampah” untuk mengatasi banyaknya masalah sampah plastic di Desa Rarng Selatan,dengan adanya progam Sedekah Sampah ini dapat memberikan manfaat tidak hanya dari segi ekonomi saja melainkan dari segi sosial dapat memberikan kontribusi pula. Melalui program Sedekah Sampah ini juga melahirkan suatu konsep yang dinamakan “ Beasiswa Sampah” bagi sekolah yang menjalankan program ini, dimana hasil yang dapat diperoleh dari penjualan sampah plastic yang telah dilakukan dapat memberikan sebuah bantuan kepada para siswa yang membutuhkan. Program sedekah sampah ini tidak bersifat sementara melainkan bersifat jangka panjang untuk dapat terus dilaksanakan.

            Tidak hanya berpaku kepada program “Sedekah Sampah” saja melainkan program KKP yang lain di bidang pendidikan adalah mahasiswa KKP turut serta  berkontribusi ke beberapa sekolah – sekolah seperti SDN 5 Gunung Nangka, SDN 4 Rarang Selatan, serta PIAUD Nurussalam. Kegiatan yang dilakukan dalam bidang pendidikan adalah kegiatan ajar – mengajar yang secara  rutin dilakukan setiap harinya ke berbagai sekolah tersebut.

            Sedangkan pada bidang  kemasyarakatan, program yang kami jalankan adalah Mengajar adik – adik mengaji di TPQ “Isti’dadun Najihin” yang dilakukan sebanyak 6 x dalam seminggu, di TPQ tersebut kami mengajar murid ebanyak 60 murid, baik yang mengaji iqro’maupun sudah mengaji Alqur’an. Selain itu kami juga membuat sebuah program yang berbasis social masyarakat yakni sebuah program “ Sanggar Perjumpaan Anak”. Sanggar perjumpaan anak ini merupakan sebuah konsep yang mencoba menjadikan satu tempat sebagai tempat pertemuan untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang bersifat non formal namun menyenagkan dengan penyampaian bahasa yang sederhana sehingga akan mudah untuk dapat dipahami oleh adik – adik untuk menciptakan sebuah konsep bahwa belajar itu menyenangkan.

             Tidak hanya sampai disana, program KKP dalam bidang Sosial yaitu melakukan kegiatan sosialisasi atau penyuluhan terkait dengan masalah pernikahan dini , akan tetapi konsep yang kami sugukan agak sedikit berbeda seperti biasanya, konsep penyuluhannya tidak menggunakan pemaparan materi melainkan dengan cara menampikan sebuah pementasan drama atau teater yang berjudul “ masak odak” atau merarik kodek.konsep ini kami usung terkait dengan target yang dituju untuk melakukan sosialisasi, dimana dalam hal ini semua kalangan masyarakat dapat tersentuh dengan apa yang disampaikan, tidak hanya dikalangan anakn remaja atau dewasa juga melainkan orangtua juga dapat mengambil pesan singkat yang kami sampaikan dalam pertunjukkan drama tersebut.

             Melalui kegiatan program KKP ini, mahasiswa  diharapkan dapat menjadi sarjana profesional di bidang pendidikan maupun non kependidikan, sehingga dapat memberikan solusi ilmiah terhadap setiap permasalahan, Sebagai upaya pendekatan perguruan tinggi kepada masyarakat, sehingga mampu menyelsaikan dinamika perkembangan dengan konsep pendidikan, Sebagai wadah perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini membantu pemerintah dalam mempercepat dinamika pembangunan di segala bidang, dapat terlibat langsung dengan masyarakat yang pada gilirannya akan memperoleh pengalaman berharga yang tidak didapatkan di dunia kampus, dengan adanya penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni maka dapat diberikan ilmu tersebut kepada masyarakat, menjalin hubungan antara sesama mahasiswa KKP dengan koordinasi dan perpaduan antara disiplin ilmu yang berbeda, dan Mengkaji kemampuan mensosialisasikan disiplin ilmu sebagai spektrum struktural masyarakat yang sangat kompleks dengan keunggulan teori yang didapat di kampus.

              Selama kegiatan KKP berlangsung mahasiswa KKP juga sangat peduli dengan kondisi dan keadaan lingkungan sekitar, kami tetap berkontribusi dalam mengikuti kegiatan gotong royong dalam mebersihkan lingkungan sekitar agar tercipta lingkungan yang sehat dan bersih. Selama kegiatan KKP berlangsung kami dihadapkan pada bagaimana kami dapat menjalankan kegiatan atau program ‘kelompok dengan baik yang kolektif yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, evaluasi personal, intarpersonal, manajemen waktu, fisik dan finansial serta kesiapan mengahadapi kendala baik internal dan eksternal yang ada dilapangan menjadi sebuah tantangan tertentu. Untuk itu, perlu pengelolaan yang lebih teratur dan terarah, sehingga nilai-nilai strategis program KKP tersebut dapat didayagunakan dengan baik dan bermanfaat. Hasil pendidikan di bangku kuliah sekali lagi bukan hanya sekedar dengan mengukur angka-angka, tapi bagaimana ukuran dalam memberikan hati kepada masyarakat sehingga akan menjadi manusia-manusia unggul bagi bangsa dan negara ke depan. Selain itu, menjadi mosaik bagi masyarakat adalah tugas mahasiswa. Melalui program KKP ini diharapkan dapat memberikan manfaat serta kontribusi yang positif bagi maasyarakaat Desa Rarang Selatan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Kemendagri PLN
Lombok Timur Pajak Online Kotaku
Kompak Bakso Lotim DPMD
SIMPONI KOMINFO RI Universitas Membangun Desa

Pelayanan Online

Pemerintah Desa Rarang Selatan mulai Tahun 2019 melayani Permohonan Surat Menyurat Secara Online dengan memanfaatkan Whatshap. Persyaratan Permohonan dengan melampirkan:
    1. Nama Pemohon
      2. Jenis Surat
        3. Keperluan
          4. Fotocopy Kartu Keluarga

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jalan Raya Rarang Selatan - Rarang
Desa Rarang Selatan
Kecamatan Terara
Kabupaten Lombok Timur
Kodepos 83663
Telepon 081918326088
Email pemdes.rarangselatan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Terjemahkan Web