Selamat Datang di Website Resmi Desa Rarang Selatan Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Kode Pos 83663 -- selengkapnya...  

Pemerintah Lakukan Pemutakhiran Data Terpadu Bansos 2018

Desa Rarang Selatan 21 Oktober 2017 18:37:57 Berita Desa

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) sedang menyusun pemutakhiran data terpadu untuk dijadikan acuan pemerintah dalam mengintegrasikan bantuan sosial (bansos) nontunai tahun 2018. Data tersebut  akan diserahkan kepada pemerintah daerah masing-masing dengan harapan segera berkoordinasi dengan pihak bank. 

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya segera mendistribusikan dan aktivasi kartu oleh penerima manfaat. Dia menambahkan, jika proses ini telah dilalui dengan baik, maka tahap berikutnya adalah memproses pencairan bantuan sosial oleh penerima manfaat. 

"Data inilah akan menjadi dasar bagi bank untuk membukakan rekening bagi penerima manfaat dan mencetak Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Selanjutnya pemerintah akan mengisi dengan bansos dalam _e-wallet_ (dompet elektronik) masing-masing," ujar Khofifah, Jakarta, Kamis (7/9/2017). 

Dia menerangkan, sesuai amanat Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, Kementerian Sosial (Kemensos) dimandatkan untuk melakukan verifikasi dan validasi (verivali) data setiap dua tahun sekali. Menurutnya Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015 hasil pendataan Badan Pusat Statistik (BPS), maka Kemensos pada 2017 kembali melakukan verifikasi dan validasi (verivali) data. 

Verivali, lanjut dia akan dilakukan secara online dan offline melalui Sistem Informasi Kesejahteraan _Sosial Next Generation (SIKS-NG)_ yang telah dimutakhirkan oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemensos. Cara ini, tutur dia salah satu upaya untuk efisiensi dan semangat penghematan anggaran.  

"Kesiapan data sangat penting karena memang bansos ini harus kita integrasikan. Artinya yang menerima PKH juga menerima Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, LPG 3 kilogram, dan subsidi listrik, sehingga intervensinya menyeluruh dan mempercepat pengentasan kemiskinan," tuturnya.

 Dikutip dari : https://nasional.sindonews.com

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Kemendagri PLN
Lombok Timur Pajak Online Kotaku
Kompak Bakso Lotim DPMD
SIMPONI KOMINFO RI Universitas Membangun Desa
OpenDesa Tracking OpenSID Forsid Lotim
https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id Radar Lombok Sensus 2020

Pelayanan Online

Pemerintah Desa Rarang Selatan mulai Tahun 2019 melayani Permohonan Surat Menyurat Secara Online dengan memanfaatkan Whatshap. Persyaratan Permohonan dengan melampirkan:
    1. Nama Pemohon
      2. Jenis Surat
        3. Keperluan
          4. Fotocopy Kartu Keluarga

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jalan Raya Rarang Selatan - Rarang
Desa Rarang Selatan
Kecamatan Terara
Kabupaten Lombok Timur
Kodepos 83663
Telepon 081918326088
Email pemdes.rarangselatan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Terjemahkan Web